Menangkan Persaingan Toko Daring dengan Belajar Membuat Website di DUMET School

“Bukan tak mungkin nantinya industri e-commerce dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional,” harap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara  beberapa waktu yang lalu seperti yang dikutip oleh kominfo.go.id

Harapan Rudiantara tidak berlebihan. Sebab, meski pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat selama lima tahun terakhir, industri e-commerce justru meningkat pesat.

Lebih lagi, kebanyakan pebisnis e-commerce di tanah air berskala kecil dan menengah (UKM) yang dikenal paling tahan banting di saat krisis ekonomi sekalipun.

Lewat industri e-commerce inilah yang Rudiantara diharapka dapat mendukung perekonomian Indonesia yang diprediksi menjadi kekuatan ekonomi baru dunia pada tahun 2020 nanti.

Menurut, analisis Ernst & Young, pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air meningkat 40 persen setiap tahunnya. Di sisi lain, ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia yang menjadi pangsa pasar bisnis online.

images
E-Commerce (Sumber: http://businessdayghana.com/need-take-e-commerce-seriously/

Sementara menurut Bank Indonesia, tingkat pertumbuhan e-commerce di Indonesia, mencapai USD2,6 miliar pada 2014. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara memprediksi nilai transaksi e-commerce tahun 2016 mencapai USD4,89 miliar, naik dari USD3,56 miliar di tahun 2015.

Lantas, faktor apa yang membuat bisnis online berhasil?

Ada sejumlah jawaban untuk menjawab pertanyaan di atas. Dan, salah satunya adalah desain website.

Sebagaimana toko konvensional, tampilan toko, tata letak, dan keramahan pramuniaga menjadi daya tarik seseorang untuk berbelanja, begitu juga dengan toko online atau toko daring.  Selain kecepatan server, tampilan website, desain antarmuka, dan navigasi yang mudah haruslah didesain untuk membuat pegunjungnya lebih nyaman saat berbelanja.

Karena faktor itulah, untuk meningkatkan kualitas kenyamanan konsumen dalam berbelanja online, sejumlah toko daring acap kali mengubah tampilan website-nya. Lazada misanya.

“Saat ini jumlah e-commerce terus bertambah dan kami ingin memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman, salah satunya dengan memperbaharui tampilan website,” ujar Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia kepada okezone.com.

Dengan tampilan barunya, Lazada memberikan kebebasan kepada konsumen untuk menemukan kenyamanannya dalam menjelajah website dan mencari produk yang diinginkannya.

Dari harapan Menkominfo Rudiantara yang didukung oleh data dari Bank Indonesia, Ernst & Young, serta strategi Lazada, dapat disimpulkan bahwa kemampuan dalam membangun dan mendesain website menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari e-commerce.

Karenanya, belajar membuat website seharusnya sudah menjadi langkah awal sebelum memijak dunia perdagangan maya. Dan, salah satu upaya untuk mempelajari seluk beluk pembuatan dan desain website  adalah dengan mengikuti kursus.

Dan, untuk mencari tempat kursus membuat website tidaklah sulit. Tinggal ketikan saja “tempat kursus website” pada kotak pencarian Google. Untuk lebih detailnya, tinggal tambahkan nama kota. Misalnya, “tempat kursus website Jakarta”. Maka, hanya dalam hitungan sepersekian detik, layar monitor akan menampilkan sederetan tauatan dari informasi yang dicari.

Bagaimana Memilih Tempat Kursus Website Terbaik?

Tetapi, persoalannya, bagaimana memilih tempat kursus website terbaik dari sekian banyak pilihan yang disuguhkan oleh mesin pencari Google?

Sebenarnya, memilih tempat kursus membuat website tidak ada bedanya dengan memilih tempat kursus-kursus lainnya, seperti kursus menyetir mobil, kursus menjahit, kursus memasak, dan lain sebagainya. Dari kesemua tempat kursus tersebut pasti mengarahkan siswanya untuk dapat menguasai materi yang diajarkan.

Misalnya, tempat kursus menyetir mobil. Tidak mungkin tempat kursus menyetir mobil hanya mengajarkan siswanya cara menginjak kopling dan menginjak gas, tanpa mengajarkan cara menginjak rem.

Begitu juga dengan tempat kursus membuat website yang tidak mungkin mengajari siswa-siswanya hanya sebatas menguasai HTML & CSS, Bootstrap, jQuery Plugin, Javascript & jQuery, Photoshop, PHP & MySQL, Object-oriented programming (OOP), tanpa menguasai PHP Framework.

Tetapi, untuk meluluskan siswa yang mampu membangun dan mendesain website masih ada sejumlah “asesoris” yang wajib ditambahkan oleh penyelenggara kursus. Dua di antaranya adalah fleksibeliltas waktu kursus dan tidak dibatasinya waktu kursus.

Dengan ditawarkannya fleksibelitas waktu kursus, maka siswa dapat tetap mengikuti materi kursus tanpa harus mengorbankan aktivitas utamanya. Sebab, bagaimana pun juga kursus bukanlah aktivitas utama.

Mengingat teknologi website yang terus berkembang, maka pembuat dan pendesain website pun mau tidak mau harus terus mengikutinya perkembangannya. Oleh karenanya, aktifitas kursus tidak bisa dibatasi oleh durasi waktu kursus. Dengan begitu, siswa tetap dapat berkonsultasi meski sudah menerima sertifikat kelulusan.

Adakah Tempat Kursus Membuat Website yang Ideal?

dumet
DUMET School. Tempat kursus Website, digital marketing & desain grafis (Sumber foto layar https://www.dumetschool.com/

Pertanyaannya, adakah tempat kursus membuat website yang seideal?

Jawaban singkatnya ada: DUMET School.

Dengan berlokasi di kawasan strategis Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok. DUMET School menawarkan CARA PINTAR MEMBUAT WEBSITE, meski peserta kursus tidak memiliki basic IT.

Untuk menjadikan siswanya sebagai web master, DUMET School membekalinya dengan berbagai materi penunjang, seperti HTML & CSS, Bootstrap, jQuery Plugin, Javascript & jQuery, Photoshop, PHP & MySQL, Object-oriented programming (OOP), dan PHP Framework.

Materi yang membingungkan bagi orang yang awam dunia IT itu, diajarkan secara step by step oleh instruktur profesional. Metode yang digunakan pun 100% praktek langsung. Dengan demikian, siswa yang belajar website di DUMET School tidak perlu dibebani lagi dengan segala tetek-bengek istilah-istilah yang membingungkan.

setelah daftar
Inilah yang didapat dari DUMET School (Sumber foto layar https://www.dumetschool.com/)

“Hari pertama saya, saya jadi mengerti materi HTML+CSS dan sudah memiliki hasil karya. Saya jadi bisa mengerti membuat website sendiri,” kata Among Jingga, warga negara Malaysia, yang menjadi siwa DUMET School. 

Dan, untuk lebih menunjang sistem belajar-mengajarnya, siswa pun diberi akses ke iLab (sistem pembelajaran yang bisa diakses di mana pun dan kapan pun. Selain itu, siswa DUMET School diberikan akses sepuasnya hingga sanggup membuat website profesionalnya sendiri.

Hasilnya, meskipun TANPA BASIC IT alias mulai dari nol, setelah mengikuti kursus website di DUMET School, siswa BISA membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

“Materi yang diajarkan gampang dipahami, instrukturnya baik, ramah, dan kelasnya rapi. Ilmu yang sudah saya dapat sangat bermanfaat untuk kuliah saya. Saya menjadi bisa membuat website,” ujar Ryan, mahasiswa IT, Oklahoma State University USA, mengungkapkan pengalamannya belajar di DUMET School.

Untuk sampai ke kondisi BISA tersebut, siswa DUMET School diperkenankan untuk mengulang kelas atau reseat hingga ia benar-benar BISA. Dan, BISA menurut DUMET School ini bukan hanya BISA pada saat mendapatkan sertifikat Web Master dari DIKNAS, tetapi juga BISA seumur hidup. Karenanya, DUMET School menyediakan konsultasi gratis selamanya.

kenapa
Inilah alasan memilih DUMET School (Sumber foto layar https://www.dumetschool.com/)

 

Selain itu, kepada siswanya yang sulit meninggalkan aktivitas utamanya, Dumet School memberikan jadwal kursus yang fleksibel, Tidak mengherankan jika DUMET School pun diminati oleh sejumlah kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, fresh graduet, dosen, staff profesional, pemilik bisnis, sampai freelancer.

Bukan hanya itu, DUMET School pun tidak bergaya ala angkot yang ngetem sampai penumpangnya penuh. Dengan tawaran semi privatenya, DUMET School sudah memulai kelasnya, meski pun baru diikuti oleh satu siswa.

Dengan sejumlah kelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika DUMET School banyak diminati siswa yang berasal dari instansi pemerintah, universitas ternama sekelas Universitas Indonesia bahkan ada juga yang berasal dari universitas terkemuka di Amerika Serikat, dan perusahaan terkemuka, seperti Djarum, BCA, Detik.com, Kompas.com, dan juga Telkomsel.

“Saya sudah membanding dengan beberapa website dan DUMET School adalah yang terbaik. Para pengajarnya sangat bersahabat dan menjadi sangat dekat dengan saya. Sekarang, saya sudah bisa membuat website bisnis saya yaitu www.mahkotaproperty.com,” testimoni Julizar, seorang pemilik bisnis propertinya sebagaimana yang dikutip dalam situs.

deain
Disain website karya siswa DUMET School (Sumber foto layar https://www.dumetschool.com/)

Lewat suguhan serangkaian materi pembuatan dan pendesainan website, DUMET School telah menyiapkan siswanya sanggup membangun website dengan tampilan, desain antarmuka, serta navigasi yang membuat pegunjungnya lebih nyaman saat berbelanja. Dengan demikian, siswa DUMET School siap dalam menghadapi persaingan keras e-commerce yang diandalkan sebagai penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Untuk membuktikan kelebihan yang dimilikinya, DUMET School memberikan kesempatan untuk mendapatkan tiket kelas gratis. Caranya dengan mendaftar diri lewat  situs DUMET School, atau dengan menghubungi 021-2941-1188. Dan, untuk informasi lebih lanjut bisa diakses lewat infodumetschool.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s